Jumat, 23 Oktober 2009

Dari Server, Poligami, Sampai Climate Exchange


Kamis kemarin aku diajak untuk ikut serta dalam rapat dengan Ford Foundation yang menjadi sponsor acehpedia, ensiklopedi aceh terlengkap.  Kebetulan  aku anggota aceh blogger community (ABC) dan  juga menjadi contributor website yang berisi everything tentang Aceh. Jadi kalo mau tahu informasi tentang Aceh klik saja acehpedia.org
Setelah mengikuti kuliah microbiology sampai pukul 10 pagi, langsung aku menuju tempat pertemuan yang diselenggarakan di BPDE Aceh. Di sana telah hadir Bang Fadli, Bang Aneuk yang juga dari ABC, mbak  Dea dan mbak Afi yang kocak abis dari Air Putih, Pak Zul dari BPDE, Kang Wahyu dari radio komunitas dan beberapa orang lagi dari perwakilan daerah yang semuanya di support oleh FF. Dan dari FF sendiri diwakilkan oleh program officer di bidang sumber daya, Bang Steve, pria kelahiran Korea dan besar di Amrik serta lancar berbahasa Indonesia (karena sudah lama tinggal di Jakarta J)

nih lagi diruang isolasi..
Nah, di BPDE itu kami membahas tentang server acehpedia yang langsung ditangani oleh pusat telematika Aceh itu. Juga memaparkan program-program yang telah jalan diberbagai daerah di Aceh pascatsunami sampai sekarang. Yang dilanjutkan dengan kunjungan keruangan isolasi. Yups, tempat server acehpedia dan berbagai server instansi pemerintahan Aceh diletakkan. Owh, yang familiar bagiku hanyalah computer dan CPUnya saja, selebihnya sangat asing. Apalagi bahasa pemograman, jangankan aku, Bang Steve aja ngga ngerti, heee

Karena jam makan siang telah tiba, maka mbak Dea mengajak kami untuk makan (Itulah yang kutung-tunggu. Makaaannnnn) di Ayam Tangkap Cut Dek yang letaknya tidak begitu jauh dari kantor BPDE. Di sela-sela makan semua yang hadir saling bercerita tentang pekerjaan yang digelutinya sekarang. Aku pun ngga ketinggalan bercuap-cuap tentang perkuliahan dan blogging activity.
Yang paling menarik ketika Kang Wahyu, pria Sunda yang telah lama berdomisili di Aceh untuk membangun radio komunitas dengan menggunakan tenaga surya dipedalaman Aceh bercerita tentang rutinitasnya. Dan ternyata beliau adalah COPER BOY (karena kemana-mana bawa koper) yang udah keliling Aceh dengan motornya. Kebayangkan jarak yang harus ditempuh dan rimba yang harus dilalui. Belum lagi jika hujan datang, atau yang paling mengerikan jika ban motornya bocor. Duhhh, salut banget sama akang Sunda ini.
Pembicaraan kamipun mulai ngawur ngidul. Mulai dari acara ditelevisi sampai ke poligami.
“Pada intinya laki-laki yang berpoligami itu ada dua sebab, karena kebutuhan dan keinginan,” ujar Kang Wahyu
“Tapi, kebanyakan karena keinginan. Jadi ingat supir yang nganterin kita waktu itu ya Dea?” timpal mbak Afi dan mulai bercerita tentang supir angkutan umum yang membawa mereka dari Lhokseumawe ke Banda Aceh yang memiliki dua istri.
Berputar-putar tak tentu arah  sampai waktu menunjukkan pukul dua siang. Jam 3 nanti bakal ada rapat lagi di Unsyiah untuk melihat kegiatan ICA IOS, pusat penelitian di Aceh yang juga didanai oleh FF. Jadi sambil menunggu jam tiga tiba, kami menuju ke warung kopi. Tempat tongkrongan paling rame dan diminati di Aceh. Dek Mi Rukoh menjadi tujuan, karena letaknya yang tidak berjauhan dengan gedung Unsyiah.
Karena nongkrong di warkop, pastinya semua pada mesan kopi. Maka akupun ikutan. Ah, biar saja si kantuk ngambek, dan telat menghampiriku. Efek caffeine membuat mataku tetap terbuka sampai pagi, menunggu sampai kantuk datang.
Dari warkop kami langsung menuju kampus Unsyiah, tepatnya secret ICA IOS/ARTI. Meski kuliah di universitas ini, belum sekalipun aku menginjakkan kaki di gedung yang penuh dengan peneliti , baik itu dari Aceh maupun dari luar negeri. Wow, banyak bule di sana. Dan mereka sangat fasih berbahasa Indonesia.
Satu hal yang kutangkap dari segala bentuk rangkaian kegiatan yang didanai Ford Foundation itu adalah : Lingkungan, khususnya dalam penanganan Climate Exchange. Jadi bentuk yang ingin ditampilkan berbeda-beda, ada website, video, radio, dan tulisan.
“Sungguh akan sangat berharga jika semua yang telah ditulis itu dimasukkan dalam acehpedia,” ujar mbak Afi antusias.
“Selain itu, jika para peneliti punya blog akan sangat lebih baik lagi. Jadi ilmunya bisa dishare,” tambah Steve.
Tapi sayangnya sangat sedikit para dosen, peneliti, apalagi professor yang punya blog. Alas an mereka bermacam-macam, salah satunya adalah takut dijiplak. Duhhh, alas an jadul tuh bapak, ibu
“Sebenarnya inti mereka menulis dan meneliti itu untuk apa? Untuk berbagi kan? Nah, kalo tulisan yang telah mereka buat ngga ada yang baca? Pasti sia-sia banget.” Kataku ketika Haydi, perwakilan FF yang concern di bidang media bertanya tentang pendapatku tentang pemanfaatan IT untuk para dosen. Dan wanita itu tertawa lebar.
Hari pun telah senja, aku pun berpamitan pulang. Sedangkan yang lain masih mendiskusikan berbagai persiapan yang akan dilakukan saat Presiden Ford berkunjung ke Indonesia pada pertengahan November nanti.




10 komentar:

  1. wah, menarik sekali acehpedia-nya.
    apa pengelolaan dan pengawasannya terus bekerja sama dengan blogger aceh?

    BalasHapus
  2. iya pakacil, untuk saat ini dikelola acehblogger

    BalasHapus
  3. acehpedia ?? bisa nyaingin wikipedia nih..hehe salam kenal :)

    BalasHapus
  4. Apakah Ford.F di Indonesia hanya menjalin kerjasama dg universitas di Aceh saja (Unsyiah) sist...?
    Bagaimana dg Universitas2 di wilayah lain? Terus apakah hanya mendanai program IT? Bagaimana dg program2 penelitian, beasiswa pendidikan di LN?
    Ps;sorry banyak tanya, soale belum ngeh back ground FF, walau udah terkenal.

    BalasHapus
  5. Lam kenal mbak, sukses selalu y :)

    BalasHapus
  6. ngomongin poligami, gak ada berhentinya ya...
    dan di tv lagi marak tuh kontroversi klub poligami. kurang kerjaan banget ya sampe bikin klub poligami segala.

    BalasHapus
  7. mantap!
    eh..org tangse y..!?!?
    tetanggaan dunk.. :D

    BalasHapus
  8. wwoowww...keeerrreeeeennnn..

    kalo saya sih, bukannya ga setuju dddengan poligami, tapi tidak mememilih itu aja..

    BalasHapus
  9. kunjungan dari kawan lama... btw maaf kalo salah tempat komentnya... wah udah punya server sendiri ya? hebat kamu za.... dari liza-fathia.blogspot.com terus pake domain liza-fathia.co.cc menjadi liza-fathia.com, semoga harimu selalu menuju sukses! amin.

    BalasHapus
  10. Silakan Download Dialog Poligami Bersama ust. Halawi di Radio Rama

    http://www.ziddu.com/download/7815878/ligamiBersamaUst.HalawidiRadioRama-islamarket.net-.mp3.html

    BalasHapus